Monday, May 29, 2017

Yuk! Move On dari Kedukaan

Grieving
Grieving, sumber: flickr.com

Kedukaan dan kehilangan merupakan hal yang pasti akan dialami setiap orang. Kehilangan orang tersayang, sahabat maupun teman tidak akan dapat dihindari oleh siapapun. Memang benar, kehilangan akan meninggalkan kedukaan. Bahkan, beberapa orang terjebak dalam kedukaan tersebut. Di beberapa kasus, move on dari kedukaan adalah hal yang sangat sulit  dilakukan. Mungkin beberapa tips ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang dilanda kedukaan dan ingin segera move on.

1. Berfikiran positif.
Ketika berduka, ada kalanya orang akan merasa jatuh. Bahkan membuatnya bersemangat kembali menjadi sebuah tantangan. Satu hal pertama yang bisa dilakukan adalah membangun kembali pikiran positif anda. Anda bisa mulai menanamkan bahwa kematian bukanlah akhir, karena semua orang akan berujung kesana. Sehingga ketika berduka dengan kepergian seseorang yang kita sayang, yakinilah bahwa itu memang yang terbaik baginya. Ketika kita bisa berfikiran positif mengenai kematian, kita bisa memandang kematian dari sisi yang lebih baik. Bahwa kematian adalah obat terakhir bagi semua penyakit. 

2. Tidak berlarut-larut dalam duka.
Berduka adalah ekspresi kehilangan yang sangat wajar. Menangis, marah, kesal, jengkel, berkecamuk menjadi satu. Bertanya-tanya kenapa semua berujung seperti ini. Namun sadarilah bahwa anda tidak boleh berkubang terlalu lama. Setiap orang memang butuh waktu berduka, namun buatlah batasan dalam diri anda. Ambil waktu sendiri, nikmati masa duka anda, lalu ambil sikap, dan kembali beraktivitas. Karena dunia tidak akan menunggu anda untuk pulih, dan waktu terus berjalan.

3. Temukan kembali ritme kehidupan.
Dalam masa duka, pasti akan ada yang hilang dari ritme keseharian kita. Menemukan kembali ritme yang baru sangat penting dilakukan, agar anda dapat kembali beraktivitas dengan optimal. Susun kembali jadwal kegiatan anda, sesuaikan jadwal yang anda buat dengan kesibukan yang baru. Menemukan ritme baru juga merupakan salah satu cara yang efektif agar anda tidak terus teringat pada kenangan yang membuat anda tidak dapat beraktivitas dengan optimal.  

4. Berkumpul bersama orang yang perduli.
Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengobati rasa duka ialah dengan berkumpul dengan orang yang peduli. Berkumpul bersama, bercerita mengenai kenangan-kenangan manis tentunya akan membantu anda memandang kedukaan dari arah yang lebih positif. Disamping itu, berkumpul bersama orang yang berempati tinggi juga dapat menghindarkan anda dari kemungkinan depresi pasca kedukaan.

5. Perbanyak kegiatan.
Hal yang terakhir ini adalah hal yang pasti perlu anda lakukan. Memperbanyak kegiatan otomatis akan menyita sedikit banyak waktu anda. Sehingga kemungkinan bagi anda untuk duduk diam dan merenung akan semakin kecil. Disamping itu, melakukan banyak kegiatan baru tentunya akan dapat menambah lingkungan pertemanan baru bagi anda. 

Dari sekian banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kedukaan yang kita lakukan, ada satu hal pasti yang dialami semua orang yaitu hal tersebut tidaklah mudah. Mengatasi kedukaan tidaklah berarti melupakan orang tersebut. Ketika anda tidak mampu untuk melangkah maju, entah karena takut, sedih, atau apapun itu, sebaiknya anda melakukan 1 hal terakhir yang terbukti paling ampuh. DOA.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Salah kostum itu, gak selamanya petaka kok.

Bukan salah kostum, sumber: flickr.com Salah kostum merupakan peristiwa sederhana yang terkadang terjadi diluar dugaan. Peristiwa in...