Wednesday, May 10, 2017

Mencari kerja itu susah? Siapa Bilang??!!

Frustrated
Frustrated, sumber: flickr.com

Siapa bilang cari kerja itu susah? Ya memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun itu bukanlah hal yang mustahil.
Memang sih, penulis juga sempat rasakan bahwa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan peminatan dan latar belakang pendidikan penulis tidaklah mudah. Bahkan penulis juga sempat merasa sedikit putus asa. Penulis rasa anda juga pernah ada di posisi yang sama dengan penulis. Atau bagi yang saat ini masih berjibaku untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan anda, tetaplah bersemangat!
Berikut ini beberapa tips yang bisa penulis bagikan untuk memperbesar peluang anda menemukan pekerjaan yang sesuai :

1. Perluas Relasi
Salah satu kunci untuk mendapatkan pekerjaan adalah melalui relasi atau pertemanan. Dalam masa transisi menunggu kesempatan bekerja yang baru, perluaslah relasi.

friends 
Frienship, sumber: flickr.com

Cobalah untuk memiliki teman sebanyak-banyaknya. Dalam berteman, ada baiknya untuk tidak pilih-pilih. Namun ada kalanya, anda bisausahakan untuk memperoleh teman yang lebih dari anda. Lebih disini berarti, pendidikan lebih tinggi, atau jabatan lebih tinggi, atau relasi yang lebih luas. Hal ini nantinya akan membawa manfaat bagi anda. Anda akan belajar banyak ketika memiliki relasi yang lebih tinggi. Disamping itu, anda juga dapat memanfaatkan relasi anda itu untuk memperoleh informasi mengenai peluang kerja yang lebih baik.

2. Rajin Membaca

Reading
Reading, sumber: flickr.com

Tidak memiliki pekerjaan bukan merupakan alasan anda untuk hidup bermalas-malasan. Penulis juga mengerti, bahwa menganggur terlalu lama akan membawa kejenuhan yang luar biasa. Cobalah untuk mengisi kekosongan hari anda dengan hal-hal yang positif, membaca misalnya. Pilihlah buku yang tidak terlalu berat, seperti buku motivasi atau buku-buku pengetahuan populer. Dengan tema bacaan yang ringan, anda bisa terbantu untuk memulai sebuah kebiasaan baru. Hal ini juga mencegah anda agar tidak cepat penat dan menjadi malas membaca.
Disamping itu, membaca akan membawa pemikiran anda untuk selalu fresh dan ringan. Ketika pikiran fresh, tidak jarang ide-ide segar akan menghampiri anda. Siapa tahu salah satu ide tersebut malah dapat menghantarkan anda menjadi sukses dengan cara yang tidak pernah anda pikirkan sebelumnya. 

3. Tetap Belajar
Tidak berbeda halnya dengan membaca, belajar merupakan salah satu hal positif yang dapat anda lakukan sebelum anda terbenam dalam kesibukan pekerjaan anda yang baru. Cobalah untuk dapat belajar hal-hal baru yang selama ini anda belum sempat pelajari. Berkebun, memelihara binatang, atau mungkin belajar untuk mengurus anak. Sangat banyak opsi yang dapat anda pilih untuk anda pelajari lebih lanjut.

Study
Studying, sumber: flickr.com

Belajar hal-hal baru akan membuat anda dapat melewati hari-hari anda lebih ringan. Ketika anda dapat melewati hari demi hari anda dengan lebih ceria, anda juga tidak akan kehilangan motivasi untuk tetap mendapatkan pekerjaan. Bahkan bisa jadi sesuatu yang anda pelajari selama anda menganggur akan membantu anda ketika anda memasuki pekerjaan yang baru. 

4. Manfaatkan Segala Media


Gadgets
Gadget, sumber: flickr.com

Manusia milenial hidup dan bergantung dengan teknologi dan gadget. Gadget sangat bisa membantu, namun gadget juga bisa sangat menyesatkan. Cobalah untuk tidak terlalu banyak menghabiskan waktu anda untuk bermain gadget. Daripada bermain, cobalah untuk memanfaatkan gadget yang anda miliki dengan lebih positif. Misalnya dengan mencari informasi peluang kerja. 
Disamping itu, anda juga dapat memanfaatkan gadget yang anda miliki sebagai buku harian pribadi. Gunakan gadget anda untuk mencatat ide-ide yang muncul disaat anda berkegiatan. Kebiasaan mencatat ide ini bermanfaat juga untuk mempertajam daya ingat anda. Disamping itu, hal ini juga bisa anda manfaatkan untuk lebih luwes dalam mencari pekerjaan.

5. Jangan Malu
Malu bertanya sesat di jalan. Peribahasa ini memanglah sangat tepat. Carilah informasi mengenai peluang kerja sebanyak-banyaknya dengan bertanya kepada rekan anda. Selain itu, anda juga tidak perlu malu untuk mengakui bahwa saat ini anda memang sedang membutuhkan pekerjaan.

Lost
Lost, sumber: flickr.com

Semakin anda gengsi dengan status anda saat ini, niscaya peluang pekerjaan juga akan semakin menjauh dari anda. Manfaatkan juga bantuan dari keluarga anda dengan bertanya apakah rekan keluarga anda ada yang memiliki informasi mengenai peluang kerja untuk anda.

Diluar kelima hal diatas, 1 hal yang paling penting anda miliki selama mencari pekerjaan adalah sabar. Sikap sabar akan membantu anda untuk lebih positif memandang hari-hari anda. Bersabarlah, dan tetap yakin bahwa yang terbaik untuk anda belumlah datang. Tetap bersemangat, dan pantang menyerah, anda pasti akan menemukan jalan!

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Salah kostum itu, gak selamanya petaka kok.

Bukan salah kostum, sumber: flickr.com Salah kostum merupakan peristiwa sederhana yang terkadang terjadi diluar dugaan. Peristiwa in...