Wednesday, April 26, 2017

Jangan Sembarangan Pilih Jurusan Kuliah!!

becareful !

Hati-hati, jangan sembarangan pilih jurusan kuliah lho. Karena langkah masa depanmu sedikit banyak ditentukan oleh jurusan yang kalian pilih.

Memilih jurusan kuliah memang selalu susah-susah gampang. Kesukaan, hobi, atau mungkin mendengar propaganda positif pihak kampus menjadi pertimbangan. Namun pada kenyataannya, suka atau hobi saja tidak cukup menjadi alasan dirimu untuk menentukan pilihan jurusan kuliah. Karena, tidak sedikit mahasiswa yang merasa salah pilih jurusan, dan berakhir dengan keengganan kuliah, kan sayang.

Merasa salah memilih jurusan, tidak jarang membawa mahasiswa menjadi malas dan tidak tertarik untuk melanjutkan kuliah. Walaupun memang ada juga yang berhasil walaupun pada awalnya merasa salah pilih jurusan. Dari pengalaman penulis, rata-rata 15 mahasiswa dari 35 mahasiswa di kelas yang penulis ampu merasa salah pilih jurusan. Jadi, menyambut awal tahun ajaran baru 2017/2018 ini, tidak ada salahnya anda mempersiapkan diri lebih baik untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai.

Berdasarkan pengalaman penulis, berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa anda lakukan sebelum menentukan hendak berlabuh dimana :

1. Pertimbangan Orang Tua
Nah, perihal pertimbangan dan restu orang tua sering menjadi permasalahan yang sensitif. Pengalaman penulis, pilihan penulis dan pilihan orang tua penulis berbeda, dan memang hal itu tidak mudah. Sebagai anak muda, biasanya banyak hal yang menjadi pertimbangan, namun tidak jarang pertimbangannya merupakan hal yang sepele dan remeh. Berbeda dengan sudut pandang orang tua yang punya pengalaman lebih, dan pasti berpandangan lebih jauh mengenai berbagai hal sebelum memberikan saran kepada anaknya untuk memilih suatu jurusan.
Jadi untuk hal pertama ini, penulis menyarankan bahwa tidak ada salahnya mencoba mengikuti kemauan orang tua. Minimal bisa mempertimbangkan untuk mengikuti seleksi saringan masuk. Namun, jika memang pilihan orang tua terlalu berat (atau terlalu menuntut), tidak ada salahnya mengikuti hati nurani, asalkan harus disampaikan dengan baik-baik, dan sampaikan juga alasan dan pertimbanganmu dengan halus dan tertata.

2. Proses Perkuliahan
Banyak kegagalan mahasiswa pada proses awal perkuliahan adalah karena ekspektasi yang terlalu tinggi. Walaupun jurusan yang dipilih sesuai dengan kemauan, namun tidak jarang karena ketidak tahuan akan jurusan yang dipilih maka membuat mahasiswa terkaget-kaget ketika menghadapi perkuliahan. 
Ada peribahasa yang berbunyi "Sedap jangan ditelan, pahit jangan segera dimuntahkan". Peribahasa ini cocok sekali untuk kalian yang sedang memilih milah jurusan yang akan diambil. Artinya, berfikirlah baik-baik sebelum bertindak. Dalam hal memilih jurusan, ada baiknya kalian cari tahu, bagaimana proses perkuliahan di dalamnya, pelajaran apa saja yang akan diajarkan, dan kesulitan apa yang sekiranya akan dihadapi kedepan. Hal ini perlu dilakukan untuk "meminimalisir kekagetan" kalian pada saat menghadapi kuliah. Dengan kata lain, berjaga-jagalah pada ekspektasi terhadap jurusan yang kalian pilih.

3. Lapangan Pekerjaan
Tidak ada salahnya memilih jurusan sesuai dengan minat dan keinginan. Tetapi tidak ada salahnya mempertimbangkan ketersediaan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan peminatan jurusan yang kalian pilih. Karena pada prinsipnya, kuliah adalah sarana untuk bisa melangkah ke masa depan yang lebih baik. Masa depan yang lebih baik, pasti tidak akan tercapai apabila tidak memiliki pekerjaan. Sehingga, penulis menyarankan cobalah untuk mencari tahu jenis pekerjaan apa yang bisa kalian geluti kelak. Akan lebih baik lagi jika informasi pekerjaan yang kalian cari bersifat jangka pendek dan jangka panjang, sehingga kalian akan memiliki rencana cadangan apabila kenyataan tidak berjalan sesuai dengan harapan kalian.

4. Predikat Kampus
Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai predikat kampus yang akan kalian pilih. Hal ini secara tidak langsung dapat berkaitan dengan lapangan pekerjaan bagi kalian kelak. Pilihlah kampus atau institusi yang sudah terakreditasi serta memiliki rekam jejak yang baik. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai kampus yang akan kalian tuju, bisa dari website, alumni, atau dari rekan. Usahakan mencari informasi pembanding selain dari website institusi yang bersangkutan, karena website institusi tentulah berisi hal-hal positif saja.
Kampus dengan predikat yang baik, tentunya memiliki peluang yang lebih baik untuk menghantarkan alumninya ke dunia kerja. Predikat yang baik tentu juga akan membawa kebanggaan dan kenyamanan selama menjalani proses perkuliahan kalian.

5. Biaya Kuliah
Last but not least, cari tahu biaya kuliah pertahun. Cari tahu juga total biaya kuliah yang kalian perlukan dari awal sampai dengan akhir. Hal ini perlu juga kalian pertimbangkan dan bicarakan dengan orang tua untuk meminimalisir kemungkinan kalian macet di tengah jalan dikarenakan terkendala biaya kuliah.
Memang benar adanya, bahwa kampus yang bagus, memiliki predikat baik cenderung memiliki biaya yang tinggi. Tidak ada salahnya kalian juga mencari tahu, beasiswa apa saja yang kalian mungkin bisa dapatkan selama kuliah jika memang kalian ingin kuliah namun terkendala dengan biaya yang tinggi.
Mungkin kalian juga dapat mencari informasi keringanan biaya kuliah jika memungkinkan. Kuncinya adalah 1, yaitu jangan malu! Cari informasi seluas-luasnya mengenai biaya kuliah dan keringanannya, karena hal ini mungkin bisa menjadi solusi buat kalian yang terkendala soal biaya kuliah.

Disamping kelima hal diatas, perlu juga diperhatikan motivasi dari dalam diri kalian sendiri. Coba ambil waktu sejenak dan renungkan, kenapa sih aku memilih jurusan ini? Karena dunia perkuliahan itu berat dan kejam, dan bagi yang tidak bersungguh-sungguh, sangat mungkin kalian akan karam di tengah jalan.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Salah kostum itu, gak selamanya petaka kok.

Bukan salah kostum, sumber: flickr.com Salah kostum merupakan peristiwa sederhana yang terkadang terjadi diluar dugaan. Peristiwa in...